Menyapa Pagi Hari Di Kaki Gunung Dempo Pagar Alam

Gunung Dempo merupakan puncak tertinggi di wilayah Sumatera Selatan. Terletak di Kabupaten Pagaralam, yang berjarak sekitar 300 km dari pusat Kota Palembang, atau membutuhkan waktu sekitar 8 jam perjalanan darat, Gunung Dempo menawarkan panorama pemandangan yang indah. Hamparan ladang petani dan hijaunya kebun teh menjadikan Gunung Dempo layaknya bidadari bagi pariwisata Sumatera Selatan.
Kebun Teh Pagaralam sendiri berada pada ketinggian sekitar 1520 meter di atas permukaan laut. Kebun teh ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VII. PTPN VII merupakan perusahaan BUMN yang unit kerjanya terfokus pada agribisnis dan perkebunan. Mengunjungi Kebun Teh Pagaralam merupakan salah satu aktivitas liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Selain bisa melihat pemandangan yang indah, suasana di kawasan ini juga sangat hening dan udaranya masih sangat sejuk.

Wisata Kebun Teh Gunung Dempo Pagar alamkebun teh tersebut memberikan pemandangan hijau yang sangat menyejukkan mata saat kita memandang, terasa ingin terus memandangi indahnya perkebunan teh di kaki gunung dempo tersebut dengan luas lahan sekitar 1.328 H, memang kota tersebut merupakan kota sejuta keindahan dan pesona alam yang menawan, tak heran kota tersebut menjadi kota tempat para wisatawan berkunjung di hari libur.

Menikmati kota Pagar Alam dari ketinggian sambil menghirup dalam-dalam udara segar khas pegunungan. Suasananya mirip dengan daerah Puncak Jawa Barat. Sejauh mata memandang yang terlihat adalah pepohonan teh nan hijau membentang bagai permadani raksasa yang menyelimuti permukaan bumi. 


Selain pemandangan alam, perjalanan juga disuguhi aktifitas penduduk lokal. Anda dapat memperhatikan bagaimana bentuk dan beragam jenis rumah mereka sambil memperhatikan mereka saat melakukan kegiatan sehari-hari. Sebagai wilayah yang memiliki Kopi, Lada dan Cengkeh sebagai komoditi primadona, kegiatan mereka sebagian besar adalah mengurusi hasil kebun. Merupakan suatu pemandangan yang sangat biasa di sini kita bisa melihat penduduk sedang menggiling kopi atau sedang menjemurnya.

Hamparan pohon-pohon teh diselingi tanaman keras yang tinggi menjulang mendominasi pemandangan di sini, begitu asri berpadu dengan gunung dan perbukitan yang kebiru-biruan. Tak heran bila mata benar-benar dimanjakan di sini, hanya ada bentangan alam berselimut hijau tanaman teh.



Tangga Seribu menjadi destinasi ketika menjelajahi objek wisata yang ada di Pagaralam. Bentuk tangga di Tangga Seribu Pagaralam ini terbilang unik, memiliki lebar sekitar lima meter dan anak tangga yang berundak – undak memanjang dari tempat rendah menuju ke tempat yang lebih tinggi. Mencoba bermain – main dengan menghitung jumlah anak tangga dari bawah hingga ke titik terakhir tangga ini. Ternyata jumlahnya tidak mencapai seribu, hanya ratusan saja. Mungkin diberi nama Tangga Seribu supaya orang – orang lebih mudah mengingatnya.

Semoga bermanfaat, tetap berhati-hati dalam perjalanan nikmati keindahannya dengan menjaga kebersihan agar tak seorang pun yang datang kemari kecewa dengan ulah kita yang buang sampah sembarang. Walaupun hanya sekedar plastik permen tapi cobalah untuk membuang pada tempatnya. Seperti kejenuhan untuk melepasnya bukan ke tempat yang ramai tapi coba untuk berlibur ke lokasi yang tenang. hehehehe
Previous
Next Post »
Thanks for your comment