Pesona Senja Di Pantai Ulee Lheue, Banda Aceh

Pantai Ulee Lheue merupakan tempat terbaik untuk menghabiskan waktu sore. Untuk dapat menikmati sunset di Pantai Ulee Lheue ini, Anda tidak akan dikenai dengan biaya masuk alias gratis. Anda dihadapka pada dua pilihan yaitu menikmati sore di atas batu-batuan atau sembari mengisi kekosongan perut yang menghadirkan jajanan sore seperti sate, jagung bakar, air kelapa muda, dan jajanan lainnya di sepanjang jalan pantai Ulee Lheue yang langsung menghadap ke arah laut.
Disepanjang pinggiran jalan menuju Ulee Lheue, kursi-kursi berbahan plastik tertata rapi berderet-deret dari gerbang masuk hingga ke penghujung. Di sini Anda dapat menghabiskan waktu hingga sunset menghampiri. Angin sore menambah suasana sejuk dan menyegarkan kembali pikiran setelah lelah juga penat beraktivitas selama bekerja.

Pantai ini memang berada disepanjang jalan Pelabuhan Ulee Lheue yang sering digunakan sebagai penyebrangan menuju ke Pulau Weh. Di sepanjang jalan ini telah dibangun semacam pembatas antara jalan dan pantai sehingga wisatawan bisa merasa nyaman menikmati keindahan pantai tanpa takut terjatuh. Pada sisi lain pantai, wisatawan bisa menikmati hamparan pasir berwarna kehitaman. Meskipun tak begitu luas, banyak para pengunjung yang berlibur dengan membawa anak-anaknya untuk bermain air serta berenang diair laut.
Selain itu, wisatawan bisa menyusuri pantai dengan naik bebek-bebekan yang disewakan disekitar pantai. Keberadaan tanggul yang tak jauh dari bibir pantai ini juga dimanfaatkan bagi para masyarakat sekitar serta pengunjung untuk memancing ikan. Terdapat berbagai jenis ikan konsumsi yang bisa di dapatkan ketika memancing di Pantai Ulee Lheue ini.

Waktu terbaik untuk berkunjung di Pantai Ulee Lheue yaitu sore hari, ketika matahari mulai bersahabat dengan wisatawan. Pengunjung bisa menikmati hamparan lautan luas, serta airnya yang tenang. Meski dampak dari tsunami tahun 2004 lalu menimbulkan banyak trauma pada penduduk di sekitar pantai, namun kini dengan dukungan pemerintah dalam perbaikan fasilitas  pantai Ulee Lheue, wisatawan lebih dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dan bersih dengan beberapa keindahan alam dari karang-karang yang menimbul di permukaan air. 

Suasana pantai yang juga memiliki latar belakang perbukitan tentunya mampu menghipnotis wisatawan yang datang. Pemandangan birunya laut pantai Ulee Lheue juga akan semakin indah dengan langit yang turut membiaskan cahaya dari pantulan sinar matahari sore di pantai Ulee Lheue. Pantai ini tentunya akan sangat sayang untuk dilewatkan saat berada di Banda Aceh.



Pantai ini terletak di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Untuk menempuh ke pantai Ulee Lheue Anda tidak perlu kawatir, jalan akses menuju ke pantai ini cukup mudah untuk wisatawan yang berasal dari luar Aceh. Dari Masjid Raya Baiturrahman Anda akan menjumpai objek wisata Museum Tsunami, dari museum ke Pantai Ulee Lheue Anda cukup mengikuti jalan utama hingga bertemu dengan bundaran Ulee Lheue, selanjutkan belok ke arah kanan dan silahkan menikmati pemandangannya.

Semoga bermafaat, tetap berhati-hati dalam perjalanan dan selalu jaga kebersihan. Tiada habis kita bersyukur menikmati keindahan alam yang menjadikan hati yang damai sehingga dapat menyentuh hati kita untuk menjaga dan mengeksplorasi keindahan alam dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan harapan kenangan yang tak terlupakan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment