Berfoto Di Bukit Gundaling Berlatar Belakang Gunung Sinabung

Bukit Gundaling terletak di 1.575 meter dari permukaan laut, tempat ini menjadi tujuan bagi wisatawan yang ingin rekreasi keluarga ke Berastagi. Berjalan menyusuri puncak bukit akan memberi sensasi tersendiri, menikmati hembusan angin pegunungan walau terkadang angin terasa agak kencang tapi kita bisa merasakan kesejukan alam, melihat perkebuanan penduduk yang menghijau di sekitar bukit seperti melihat susunan puzzle yang tertata rapi. 
Dan anda dapat melihat kota Berastagi dari ketinggian dan dari bukit ini Anda bisa melihat dua gunung berapi yang masih aktif sekaligus, yaitu gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Untuk mengelilingi bukit Gundaling, Anda bisa berjalan kaki atau naik kuda, banyak cara untuk menikmati keindahan disini.

Bukit Gundaling sudah dikenal sejak jaman penjajahan Belanda. Menurut penuturan masyarakat sekitar, sejarah penyebutan Gundaling berawal ketika seorang tentara asing yang kehilangan senjata kesayangannya di sebuah bukit. Untuk mengungkapkan kesedihannya tentara tersebut menuliskan Gun Darling pada puncak bukit tersebut dan hingga kini penyebutannya dikenal dengan bukit gundaling.

Menuju puncak Bukit Gundaling adalah suatu hal yang wajib bagi wisatawan yang sudah berkunjung ke Berastagi. Menyusuri bukit yang di tumbuhi pohon pinus akan menjadi sensasi tersendiri dan menyenangkan bagi para pengunjung. Pengunjung dapat menikmati udara yang begitu sejuk dan menyegarkan, tidak hanya pohon pinus saja, di  bukit gundaling juga terdapat taman yang banyak ditumbuhi oleh bunga-bunga yang indah serta patung-patung manusia yang mengenakan pakaian adat khas Karo yang menandakan daerah ini begitu kuat memegang kebudayaannya. Apakah kita salah satu dari mereka yang bangga dengan sukunya, semoga kita selalu bangga dengan suku kita karna dari sanalah kita berasal.


Bukit Gundaling termasuk ke dalam salah satu objek wisata yang banyak di kunjungi wisatawan yang ingin memanjakan penglihatannya dengan pesona pemandangan alam yang masih asri. Bukit Gundaling ini terletak di Kota Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan berjarak kurang lebih sejauh 3 km dari pusat kota Berastagi. Sedangkan jika diukur dari Kota Medan, jaraknya kira-kira sejauh 66 km.

Sebagaimana tempat wisata yang lainnya, Anda akan dikenai biaya retribusi yang harus Anda bayar di loket yang tepat berada di pintu masuk menuju Bukit Gundaling. Jangan galau dulu ya temen-temen, karena retribusi masuk Bukit Gundaling ini sangat murah kok untuk keindahan yang akan di nikmati sepuasnya.


Lingkungan di Bukit Gundaling ini seru banget. Berbagai macam flora tumbuh dengan suburnya. Buat yg pengen jalan-jalan santai sambil ber-agrowisata ria, bisa menyambangi kebun buah disekitar Bukit Gundaling dan bisa memetik buah sendiri.

Semoga bermanfaat, tetap selalu berhati-hati dalam perjalanan dan jangan lupa jaga kebersihan. Suku adalah sebuah karakter yang menandakan asal dari sebuah  daerah jadi jika kita berada sangat jauh sekali jangan lupa kampung halaman kita tetap disini. bangga dengan budaya kita sendiri adalah bangga dengan baju kita.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment