Bersinggah Di Danau Singkarak Sumatra Barat

Danau Siangkarak merupakan danau terbesar ke 2 di Pulau sumatra setelah danau Toba yang ada di sumatera utara. Danau Singkarak terbentang luas hingga ke wilayah Solok dan Tanah Datar. Danau yang memiliki luas 107,8 km²  atau sekitar 1000 hektar dengan memiliki kedalaman 268 meter dan berada di ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut membuat udara di sekitar danau terasa sejuk dan banyak angin berhembus semilir. Danau ini termasuk dalam jenis danau tektonik karena diperkirakan terbentuk karena pergeseran lempeng bumi di bawah tanah.
Danau ini memilik air yang sangat jernih sehingga anda dapat merasakan ingin cepat langsung jebur ke air, Anda akan sering meilhat sampan nelayan yang bertebaran di permukaan danau singkarak untuk mencari ikan, ditambah banyak pepohonan yang menjadikan pemandangan hijau di sekitar danau.

Air danau ini juga dimanfaatkan sebagai sumber tenaga PLTA Singkarak di Lubuk Agung. Biasanya, PLTA terletak di pinggir danau atau bendungannya, tapi disini berbeda. Air dari danau singkarak dialirkan melalui terowongan panjang menembus bukit barisan sampai ke lokasi PLTA. Pada tahun 1992, pemerintah membangun PLTA Singkarak dan terowongan air sepanjang 19 km. Terowongan ini menembus bukit barisan, dan digunakan sebagai sumber daya PLTA.


Anda bisa berkeliling di danau dengan mudah yang akses jalannya sangat bagus sehingga banyak di gemari para spot olahraga bersepeda , dengan terdapat pemandangan indah dan suasana adem yang menemani sepanjang jalan menyusuri keindahan danau. Hal yang bisa anda lakukan disini berenang di danau, memancing, bersampan mengelilingi danau, atau sekedar duduk santai di pinggir danau menikmati pemandangan. Selain itu juga banyak terdapat warung yang menyediakan tempat makan untuk berkuliner menikmati khas makanan daerah.
Danau Singkarak terletak di antara kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar. Area danau ini memang masuk kedalam wilayah dua kabupaten tersebut. Dari kota Padang, jaraknya kurang lebih 70 km. Jika anda menggunakan rute Solok, waktu tempuhnya kurang lebih 2 jam. Jika melalui Padang Panjang, waktu tempuhnya kurang lebih 3 jam. Rute padang panjang bisa diambil jika anda memang mau ke bukit tinggi terlebih dulu.



Danau Singkarak menjadi bagian dari Tour de Singkarak, sebuah event balap sepeda tingkat internasional yang rutin diadakan tiap tahunnya. Waktu penyelenggaraannya berlangsung selama seminggu pada  bulan April – Juni dengan melewati hingga tujuh etape. Tour de Singkarak bukan hanya sekadar ajang lomba balap sepeda, namun juga sebagai pengenalan keanekaragaman budaya dan keindahan panorama alam Sumatera Barat. Sepanjang rute peserta akan disuguhi oleh pemandangan keberagaman budaya Minang dan juga keindahan alam Sumatera Barat.
Semoga bermanfaat, selalu hati-hati dalam perjalanan dan  jangan lupa jaga kebersihan, jika anda mau bangga dengan alam ini banggalah terhadap diri anda yang bisa menjaga alam ini dengan baik.......
Previous
Next Post »
Thanks for your comment