Bersantai Di Bawah Air Terjun Sipiso-piso, Tongging

Air Terjun Sipiso-piso adalah sebuah air terjun yang berada di Dusun Hutabaringin, Desa Tongging, Kecamatan MerekKabupaten KaroProvinsi Sumatera UtaraIndonesia. Air Terjun Sipisopiso adalah salah satu Air Terjun tertinggi di indonesia yang memiliki ketinggian hingga 120 meter dan mengucur deras membentuk garis vertikal yang sempurna. 

Air Terjun Sipiso-piso berada di pinggiran Danau Toba serta terbentuk pada aliran Sungai Pajanabolon yang merupakan salah satu sungai yang mengalirkan air ke Danau Toba. Air Terjun Sipiso-piso berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Nama Sipiso-piso diambil dari nama sebuah Gunung yang berada tepat di timur laut Air Terjun Sipiso-piso. Gunung yang juga disebut Dolok Sipiso-piso ini memiliki ketinggian sekitar 1.860 meter di atas permukaan air laut.


Air terjun Sipiso-Piso memiliki udara sejuk karena berada di perbukitan dan pemandangan yang indah dikelilingi hutan-hutan pinus di pundak perbukitan dan hamparan Danau Toba. Di antara tebing terlihat air terjun berjatuhan. Anda bisa menikmati keindahan air terjun Sipiso-piso dan Danau Toba dari kejauhan pada waktu yang sama.

Untuk mencapai dasar air terjun, Anda harus memiliki stamina yang fit. Perjalanan ke dasar air terjun lebih cepat karna turun aja dari pada naik kembali ke atas membuat kita mendaki terus sampai capek pokoknya. Anda akan melewati beratus-ratus anak tangga untuk mencapai ke dasar air terjun. Selain itu, jalanan curam dan berkelok-kelok. Butuh perjuangan untuk mencapainya,hehehehe......


Cipratan air terjun yang menerpa tubuh kita seakan menyapa dan mengucapkan selamat datang. Suara gemuruh air yang jatuh mengalir ke anak sungai juga terasa sangat menenangkan.

Nah jika anda ingin berfoto  di harapkan memperhatikan kondisi sekitar karna air yang lumayan besar takutnya kamera anda basah, apalagi derasnya bias tumpahan air terjun ini hanya terjadi jika angin bertiup ke arah anda. Sehingga ada baiknya kita bersabar menunggu momen yang pas dan tentu hasil fotonya menjadi lebih cantik serta peralatan kita pun aman dari kerusakan. Enggak lucu juga kan pas lagi foto malah kamera anda rusak atau mati total.




Lokasi menuju ke Air Terjun Sipiso-pisa dan jika Anda menggunakan transportasi umum dari Medan, Sumatera Utara. Anda dapat menggunakan bus dengan jurusan Kota Kabanjahe dengan waktu kurang lebih 2 jam. Kemudian, setelah sampai di Kabanjahe, perjalanan dilanjutkan dengan bus menuju Danau Toba. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 24 Km. Air Terjun Sipiso-piso berada di Desa Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatra Utara. Kecamatan Merek terletak kurang lebih 24 km dari Kota Kabanjahe.

Semoga bermanfaat selalu berhati-hati dalam perjalanan anda dan tetap teguhkan untuk selalu jaga kebersihan, selamat mencoba destinasi ini..............
Previous
Next Post »
Thanks for your comment