Berenang Di Air Terjun Cughup Embun Sumatra Selatan

Air Terjun Cughup Embun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter yang terbagi menjadi 3 buah aliran air terjun yang berada di satu tempat. Sehingga apabila anda berada di depan air terjun akan tampak 3 buah aliran air yang terjun dengan indah. Aliran air yang cukup deras ini memantulkan percikan air dan menjadi embun ketika air berbenturan dengan kolam yang berada di bawahnya. Mungkin karena hal ini masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Cughup Embun.
Kolam yang berada di bawah air terjun ini juga tidak begitu luas, air yang tertampung di kolam  alami memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan. Kedalaman dari kolam ini tidak begitu dalam, sehingga pengunjung bisa bermain dengan bebas di kolam ini. Air terjun dengan perpaduan warna batu dengan kehijauan tumbuhan lumut dan ilalang di dindingnya menjadikan tempat ini begitu mempesona mata. Tempat ini berada di ketinggian 1.900 permukaan laut menjadikan tempat ini berhawa sejuk.


Di sekitar wisata pepohonan yang masih asri terdengar suara burung-burung yang menemani suara air terjun seperti bernyanyi. Obyek wisata air terjun yang memiliki pesona yang luar biasa ini sangat cocok untuk di singgahi. Air Terjun Cughup Embun sendiri berada sekitar lima sampai delapan kilometer dari pusat Kota Pagaralam atau disebelah timur dari lereng Gunung Dempo, atau tepatnya berada di Kelurahan Curup Jare, Kecamatan Pagaralam Utara.


Dengan tiket yang murah kita bisa masuk ke lokasi ini dan menikmati panorama yang ditawarkan. Pada pintu masuk, kita akan disuguhi dengan ratusan anak tangga yang menuju ke air terjun. Saat kita akan naik rasa lelah kita akan terobati dengan sejuknya rimbunan pepohonan yang berada disekitarnya yang masih sangat alami.


Dari Kota Palembang menuju ke lokasi memakan waktu sekitar 8 jam perjalanan darat melewati Kabupaten Prabumulih dan Lahat. Namun kini sudah ada jasa penerbangan lokal yang melayani rute Palembang-Pagaralam, sehingga jarak tersebut bisa dicapai dalam waktu tidak lebih dari setengah jam.
Sementara dari pusat Kota Pagaralam menuju ke Air Terjun Cughup Embun hanya menempuh jarak sekitar 2 km atau menghabiskan waktu sekitar 15 menit saja. Meski demikian, perjalanan tersebut menjadi sangat menyenangkan, pasalnya para pengunjung akan membelah hutan dan kebun kopi warga melalui akses jalan yang sudah bagus.


Air  Terjun Cughup Embun merupakan air terjun yang airnya memang sejernih embun dan air yang jatuh dari atas tebing membentuk embun-embun menyejukkan, disini kita juga bisa mandi di bawah air terjun tanpa takut tenggelam atau hanyut. Dengan suhu air yang kurang lebih 160C menjadikan perjalanan menuju kesini terbayar sudah

Semoga bermanfaat tetap selalu berhati-hati dalam perjalanan dan jangan lupa selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar. Air adalah sumber kehidupan manusia jika kita mencemarinya dengan sampah maka kita juga yang rugi, hargailah suatu perjalanan anda dengan menjaga kebersihan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment