Merasakan Keindahan Pulau Di Ujung Barat Indonesia, Pulau Sabang

Siapa yang tidak kenal dengan pulau ini, pulau yang sering di nyanyikan atau kita dengar dari pembelajaran semasih bangku sekolah ialah pulau perbatasan indonesia dari berbagai negara. Pulau Sabang adalah kota yang terletak di Pulau Weh dan merupakan wilayah paling ujung barat Indonesia. Sabang memiliki luas 156,3 km² dengan puncak tertinggi 617 meter di atas permukaan air laut. Karena terletak di Pulau Weh banyak orang yang menyebut Pulau Weh sebagai Pulau Sabang. Saat ini Sabang menjadi destinasi wisata bahari Indonesia yang menawarkan surga bagi para penyelam dan pemandangan yang indah. Di sini Anda dapat menikmati alam bawah lautnya dengan menyelam untuk menemukan ratusan spesies ikan dan kekayaan terumbu karang yang masih alami . 

Pesona Sabang menawarkan keelokan garis pantai yang indah, air laut nan biru dan bersih serta pepohonan nan hijau. Akan tetapi, bukan wisata bahari saja dapat ditemukan di Sabang. Ada gunung, danau, pantai, laut, serta hutannya yang masih alami dan tetap selalu terjaga. Belum lagi interaksi Anda dengan masyarakat setempat akan memberikan pengalaman yang berkesan, masyarakat yang ramah sehingaa dapat membuat para pengunjung betah untuk wisata kesini.


Kata "sabang" berasal dari bahasa Aceh yaitu "saban" yang berarti sama hak dan kedudukan dalam segala hal. Hal ini dikaitkan dengan keberadaan Sabang yang dulunya banyak didatangi pendatang dari luar untuk membuka kebun atau usaha lainnya. Pendatang tersebut berasal dari berbagai daerah dengan budaya yang berbeda, baik sikap, nilai, maupun adat istiadat. Lambat laun terjadi asimilasi dimana beragam perbedaan tersebut akhirnya memudar dan kedudukan mereka menjadi sama. Istilah saban ini telah lama melekat kepada Pulau Weh yang kemudian perlahan berubah penyebutannya menjadi "Sabang". Karna perbedaan adalah bukan sebuah permusuhan karna perbedaanlah yang membuat kita mengerti satu sama lain. Bangga dengan indonesia yang mempunyai banyak perbedaan tapi tetap satu. Indonesia sangatlah kaya dengan beragam budaya, wilayah, suku, agama dan bahasa.


.

Untuk dapat menuju Pulau Weh, kamu harus menggunakan pesawat dari tempatmu menuju Bandara Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh. Setelah sampainya di bandara, kamu bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi dan menuju ke pelabuhan Uloe Lheue untuk menyeberang ke pelabuhan Balohan di Sabang. Saat tiba disana, kamu bisa menggunakan dua pilihan transportasi untuk menyeberangi pulau, yakni menggunakan kapal cepat atau menggunakan kapal feri. Atau bisa menggunakan transportasi dari darat jika dari Medan.

Sesampainya di pelabuhan Balohan, maka kamu pun sudah bisa mengunjungi spot wisata di Pulau Weh. Berikut beberapa tujuan objek wisata di Sabang Aceh yang menawan sehingga sayang jika dilewatkan...
  • Pantai Iboih
  • Tugu Nol Kilometer
  • Spot pulau Klah
  • Pantai Kasih
  • Pantai Tapak Gajah
  • Pantai Sumur Tiga
  • Pantai Anoi Itam
  • Pantai Ujung Kareung
  • Pantai Pasir Putih
  • Pulau Rubiah


Banyak objek wisata di sabang ini membuat kita tidak muak untuk menjelajah satu persatu wisata yang ada. Setiap tempat wisata memiliki keunukian dan keindahan yang berbeda pokoknya kita tidak terasa dengan waktu yang terus menerus berlalu sehingga membuat kita betah terus, asal tahan biaya ia sampai sebulan pun enggak ada masalah,hehehehe
Tempat yang bersih membuat kita bangga kepada masyarakat sekitar yang selalu tetap menjaga kelestarian yang ada. Mereka menyadari apa yang di berikan alam ialah sebagai penghasilan mereka jadi mereka tetap menjaga keasrian Pulau Sabang. Yang mereka harapkan dengan banyaknya pengunjung yang datang adalah salah satu pengahasilan  pokok mereka. Sehingga bagi anda yang ingin berliburan di harapkan menjaga kebersihan dimana pun berada. Dengan menjaga alam maka alam akan memberikan yang terbaik untuk kita semua. 
Semoga bermanfaat dan selamat berkunjung ke destinasi ini pastinya kita tidak sabar kesana. siapkan fisik,mental dan terutama biaya yang dapat berjalan kemana saja kita mau dan tetap jaga kebersiahan, saling menghargai setiap perbedaan yang ada. Berbaurlah dengan masyarakat sekitar sehingga mendapat wawasan yang lebih banyak lagi anda agar menikamati hidup ini lebih indah dengan banyaknya teman yang kita miliki..........

  

Previous
Next Post »
Thanks for your comment