Gunung Sibayak Membentangkan Hamparan Kawah Belerang

Berbicara tentang Gunung Sibayak mungkin kebanyakan teman-teman sudah tidak asing lagi mendengar namanya. Dan bagi yang belum pernah kemari ini adalah sebagai informasi yang saya berikan tentang Gunung Sibayak. Sumatera Utara adalah salah satu destinasi wisata yang unggul di Indonesia. Di provinsi ini, temen-temen bisa menemukan satu kawasan yang menawarkan pesona alam, yakni Berastagi. Kota yang diapit oleh Gunung Sinabung dan Gunung Sibanyak tersebut dikenal memiliki suasana sejuk dengan pemandangan alam yang indah mungkin bisa anda manfaatkan sebagai penghilang stress.
Gunung Sibayak banyak menyimpan beragam pesona yang tak boleh dilewatkan. Beberapa orang menganggap Gunung Sibayak amat mudah untuk didaki. Jadi, tak perlu khawatir akan kesulitan untuk melihat pesonanya di atas Gunung Sibayak. Dalam pendakian sangatlah penting menyiapkan fisik dan mental sehingga dapat mendaki dengan penuh semangat.


Gunung Sibayak adalah kelas gunung berapi masih aktif yang memiliki uap panas sehingga masih banyak kawah belerang. Gunung ini pernah meletus terakhir tahun 1881 cukup mengguncang di sekitar daerah tersebut. Kondisi yang tertata rapi oleh alam pada bebatuan gunung ini, justru menjadi keunikan tersendiri yang bisa mengikat daya tarik wisatawan yang senang menguji adrenalinnya untuk berusaha menaklukkan Gunung Sibayak hingga mencapai puncaknya. Pemandangan matahari terbit dari puncak gunung akan membuat anda terkagum. Munculnya sinar matahari akan menerpa wajah Anda memberikan suasana hangat, membalut badan anda dari hawa dingin yang semalaman menyelimuti perjalanan Anda.
Demi melihat sunrise memang sangat ramai pendaki memilih mendaki di malam hari. Idealnya, Anda harus mulai melangkah dari kaki gunung pada pukul 02.00 dini hari. Tidak perlu khawatir, sebab suasana di malam hari tetap akan memukau Anda. Ditambah lagi cahaya-cahaya lampu rumah penduduk yang menerangi daerah Gunung Sibayak. Sesaat membuat Anda merasa sedang berada dekat dengan bintang-bintang di karnakan banyaknya lampu yang bekerlap-kerlip sehingga menghiasi pendakian anda.

Gunung Sibayak berlokasi di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Ketinggian Gunung yang kerap menjadi objek pendakian ini mencapai 2.094 mdpl. Secara administratif, hutan alam pegunungan ini masuk dalam kategori Taman Hutan Raya pada deretan Bukit Barisan. Dari pusat Kota Medan, kamu perlu menempuh jarak sekitar 60 kilometer untuk sampai di kawasan Gunung Sibayak. Pertama, kamu bisa menuju Berastagi melalui Jalan Jamin Ginting ataupun Jalan Raya Sidikalang  Medan. Sesampainya di pusat Kota Berastagi, kamu perlu menempuh perjalanan sejauh 3 kilometer lagi untuk sampai di kawasan Gunung Sibayak. Di butuhkan kesabaran ya temen-temen semua perlu proses untuk mendapat sesuatu tujuan yang indah, hehehehe.........




Karena medannya yang tidak begitu sulit maka siapa saja bisa berwisata ke puncak gunung Sibayak bisa dilalui hanya dalam satu hari. Namun bagi kamu yang ingin mendirikan tenda dan menikmati suasana camping juga bisa dilakukan di sekitar kawah gunung. Dan jangan pernah sepelekan alam walaupun medannya tidak begitu sulit tapi tetaplah waspada dengan mempersiapkan fisik dan mental kemanapun kita pergi. Gunung Sibayak memiliki kawah belerang berbatu cadas. Kawah seluas 40.000 meter tersebut memiliki kandungan solfatara yang tinggi, sehingga uap belerang pun mampu menyemburkan hawa panas terus-menerus. Kawah ini juga dikelilingi bebatuan lava andesit yang membuat pesonanya semakin unik dan eksotis. Nah Jagalah Kebersihan  jika anda kemari ya temen-temen.

Semoga bermanfaat informasi yang saya berikan kali ini sehingga dapat memberi pengetahuan bagi anda dan terutama bagi saya. selamat menikmati liburan anda untuk dapat menghargai waktu yang anda gunakan sehingga dapat liburan sejenak............


Previous
Next Post »
Thanks for your comment