Air Terjun Kecil Bah Biak di Perkebunan Teh Sidamanik

Untuk  ke lokasi, terlebih dahulu kita ngelewati kota Siantar lalu ke Sidamanik. Setelah sudah sampai di Kebun Teh. Lokasinya  untuk menuju kesana sama seperti yang saya post sebelum yaitu Kebun Teh Sidamanik hanya saja kita perlu bertanya pada warga sekitar. Jalur menuju kesana agak menantang ya temen-temen. Jalanan berbatu akan menemani perjalanan sampai ke lokasi. Jalanan bisa di bilang usaha menuju keindahan, jalanan tetap bisa dilewati semua tipe kendaraan hanya saja jalannya berbatu.


Air Terjun Kecil Bah Biak mungkin masih asing ditelinga anda. Air terjun kecil Bah Biak terletak di Sidamanik, Kabupaten Simalungun persis bersebelahan dengan kebun teh Sidamanik. Untuk dapat menuju air kecil terjun Bah Biak anda bisa memilih 2 rute, yaitu dari Siantar dan dari Tiga Runggu. Jika dari Medan anda bisa melalui rute Siantar karena akan lebih dekat. Sementara bagi anda yang berada di Tanah Karo anda bisa melalui rute Tiga Runggu. Air terjun kecil Bah Biak ini sangat dekat dengan jalan raya, jaraknya hanya kurang lebih 1km, lokasinya berada sedikit di jurang, kondisi jalan menuju lokasi ini sedikit licin karena belum diaspal agar temen-temen tetap hati - hati untuk melintas. Lokasi wisata ini juga masih belum Populer, hal itu terbukti dengan petunjuk arah dengan apa adanya, selain itu tidak ada retribusi resmi yang dikutip jika anda berkunjung kelokasi ini. Kenderaan bisa diparkirkan dilokasi kebun teh tidak jauh dari lokasi air terjun, anda tidak perlu takut karena ada tukang parkir. Biaya parkir dipatok Rp. 5.000 untuk kenderaan roda dua dan Rp. 10.000 untuk kenderaan roda 4 dan anda tidak perlu lagi membayar kutipan retribusi lain. 

Untuk melanjutkan perjalanan menuju air terjun Bah Biak dengan berjalan kaki, jaraknya sekitar 300 meter dari lokasi parkir. Namun anda harus hati-hati karena jalan menuju air terjun ini sangat curam dan licin. Setelah anda sampai dilokasi air terjun anda bisa istirahat sejenak dipondok-pondok yang disewakan para pedagang yang ada dilokasi ini atau jika sudah tidak sabar anda bisa langsung membasahi tubuh anda dengan air yang jatuh dari bebatuan tersebut.



Suara air terjun berirama merdu yang bisa menenangkan hati dengan jernihnya air yang jatuh dari atas. walaupun tidak tinggi tapi tetap indah dipandang. Di air terjun ini tidak bisa berenang. hanya bisa mandi dari sempiran air terjun
Tempat ini sangat layak dikunjungi jika kamu sedang di kota Siantar, apalagi lagi liburan di sana.  Selamat menikmati temen-temen...
hargailah kerja mu dengan berlibur,hehehehe....

Previous
Next Post »
Thanks for your comment