Danau Aek Natonang Di Atas Perbukitan Samosir

Pertama kali saya menginjak kaki ke tempat ini saya sempet bingung karna lokasi nya berada di atas Danau dan di atasnya ada lagi danau. Begitulah kenyataan yang saya alami, banyak orang menyebut Danau Aek Natonang, yang memang terletak di Pulau Samosir, yang dikelilingi Danau Toba, Sumatera Utara. Lokasi wisata ini Danau Aek Natonang terletak di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir, Sumatera Utara. Ukuran luas Danau Aek Natonang sekitar 105 ha. Keberadaan danau ini memiliki banyak manfaat bagi penduduk lokal dan pengunjung. 

Keindahan yang di tawarkan Danau Aek Natonang memang layak diacungi jempol. Dikelilingi tanah lapang yang hijau, danau ini ditumbuhi pepohonan pada tepiannya. Suasana sejuk dan nyaman begitu terasa ketika mengunjunginya. Maka tak heran, danau mungil nan indah menjadi arena  bermain anak-anak setempat. Mulai dari berenang, berlari-lari sampai bermain sepakbola di lapang yang datar. Danau tanpa pengelolaan resmi ini juga masih menjadi sumber air bagi warga sekitar.



Danau Aek Natonang adalah danau yang menjaga keasliannya maka disini tidak ada sarana bebek-bebekan, speed boat, banana boat, rafting, atau game-game lainnya. Aek Natonang hanya menyediakan pemandangan alam yang sangat alami, asri, tenang, hening, dan membuat hati damai pokok pas dech buat anda yang sedang galau,hehehe. 

Pemukiman di sekitar Danau masih sikit, dan masih banyak rerumputan yang menghijau di kanan kiri danau. Sapi dan kerbau juga cukup banyak berkeliaran di Aek Natonang, menambah suasana alami di sekitar danau. Kalau menurut saya, waktu paling bagus yang anda kunjungi adalah pagi hari dan sore hari karena Aek Natonang ini sangat terbuka, jarang ada pepohonan. Jika siang hari suasana di sini lumayan panas. Sehingga bagi anda yang ingin melihat sunrise ataupun sunset, Aek Natonang ini sangat ideal karena danaunya membentang dari barat ke timur cukup lebar untuk pemandangannya. 



Untuk kemari anda tidak dipungut biaya. Ia jika anda ingin berfoto sampai capek tidak ada yang melarang kok tapi yang pastinya anda harus jaga kebersihan. sangat di sayangkan kita sudah menikmati pemandangan yang indah ini tapi untuk menjaganya saja kita sulit.  Namun disini tidak terlihat adanya penginapan khusus untuk para wisatawan, mungkin jika anda ingin menginap karena kemalaman, bisa menumpang dirumah warga yang dekat dengan danau ini. Atau jika kalian seorang backpaker bisa mendirikan tenda di pinggir danau ini. Suasana malam saat disini begitu dingin, nah jika anda anak pecinta alam pastinya anda banyak membawa persiapan dalam hal apapun yang terjadi. 



Mulai menjadi perhatian oleh Pemerintah Kabupaten Samosir akan melakukan penataan kawasan Danau Aek Natonang. Danau tersebut akan dioptimalkan pemanfaatannya sebagai sumber air irigasi untuk dua kecamatan, Simanindo dan Onan Runggu. Selain itu, kawasan itu juga akan dikembangkan menjadi kawasan hutan wisata. Pastinya jalan menuju kesana pun akan semakin lebih baik, mungkin ke depannya akan lebih bagus lagi lokasi ini jika kita saling menjaga bersama, semoga bermanfaat dan selalu berhati-hati.......
Previous
Next Post »
Thanks for your comment