Destinasi Para Pecinta Surfing Di Pantai Lhoknga Aceh

Destinasi Para Pecinta Surfing Di Pantai Lhoknga AcehKeindahan pantai lhoknga yang memikat hati dengan airnya yang jernih dan kondisi alam serta langit yang indah, menjadikan tempat ini patut untuk dilestarikan dan dijadikan objek wisata. Selain bermain pasir, para wisatawan dapat memancing, snorkeling, berjemur dan berenang.
Ombak di Pantai Lhoknga cukup tinggi, sekitar 3 meter. Bagi penyuka olah raga berselancar, ketinggian ombak sebesar ini merupakan hal yang dinantikan. Dengan ombak setinggi ini dapat membuat aktifitas berselancar menjadi menyenangkan. Bagi yang ingin berselancar, tidak perlu khawatir jika tidak membawa papan selancar sendiri. Ada beberapa orang yang membuka usaha persewaaan papan selancar.

Secara administratif, Pantai Lampuuk berada di Kecamatan Lhoknga, sehingga sebenarnya sedikit ambigu membedakan antara Pantai Lampuuk dan Pantai Lhoknga. Akan tetapi, umumnya orang-orang disana memberi sebutan 'Pantai Lhoknga' untuk daerah di belakang Lapangan Golf Lhoknga hingga ke taman tepi laut setelah Komplek Pabrik Semen Andalas.

Adapun sebutan Pantai Lampuuk dikhususkan untuk ruas pantai yang membentang dari Babah Satu hingga Babah Empat. Meskipun posisi kedua pantai ini berdekatan, tetapi keduanya memiliki keunggulan masing-masing


Jika kini pantai Lampuuk identik dengan rekreasi Banana Boat dan kuliner ikan bakarnya, maka Pantai Lhoknga lebih dikenal dengan lapangan Golf, aktivitas Surfing dan memancing. Khusus untuk selancar, ombak Pantai Lhoknga yang besar dan garang telah terkenal di kalangan komunitas selancar internasional.

Umumnya, para peselancar mengenal ada dua tipe ombak berbeda di bulan-bulan tertentu di Lampuuk. Bulan Juni hingga November di saat musim angin Barat terkenal dengan ombak pantainya (beach break), sedangkan di bulan Desember hingga Mei saat angin Timur berhembus terkenal dengan ombak karangnya (reef break).


Pantai lhoknga berada di Kecamatan Lhok Nya, kabupaten Aceh BesarLokasi dari Banda Aceh ke Pantai Lhoknga kurang lebih 22 km. Untuk mencapai Pantai Lhoknga, dari Kota Banda Aceh, Anda dapat menyewa mobil dan mengambil jalan menuju Jalan Lintas Barat Aceh. Pantai Lhoknga tepat berada di pinggir jalan yang dapat ditempuh sekitar 25 menit.

Fasilitas yang disajikan cukup bagus. Setelah terkenal badai tsunami beberapa waktu lalu, daerah ini mulai terlihat geliatnya. Disana mulai terlihat adanya resort-resort dengan pemandangan yang mempesona. Posisi resort kebanyakan dikelilingi oleh gunung-gunung dengan pemandangan yang indah. Selain pemandangan gunung, juga terdapat lokasi untuk surfing dengan ombak pantai yang indah. semoga bermanfaat dan selalu tetap berhati-hati dalam perjalanan anda dan jangan lupa untuk menjaga keindahan alam dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment