Pesona Pantai Tablolong Kupang Nusa Tenggara Timur

Pesona Pantai Tablolong Kupang Nusa Tenggara Timur. Dibalik kesan panas dan keringnya, Kota Kupang ternyata memiliki jajaran pantai yang menarik untuk dijelajah. Berada tak jauh dari pusat kota Kupang, terdapat beberapa primadona pantai dengan hamparan pasir putihnya yang menjadi daya tarik bagi para pengunjungnya, salah satunya adalah pantai Tablolong. Nama Tablolong diambil dari nama salah satu perkampungan nelayan kecil yang berada di ujung timur. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih ini dan diapit oleh Pulau Rote dan Timor ini, ternyata sering dijadikan arena olahraga memancing dari mulai yang skala nasional hingga internasional setiap tahunnya. Perairan sejauh 10 mil dari garis Pantai Tablolong itu merupakan jalur migrasi ikan yang cukup ramai dari perairan Laut Timor menuju Laut Sawu. Tak hanya itu saja, kekayaan biota lautnya juga menjadikan Tablolong sebagai penghasil rumput laut terbesar di NTT.

Pantai Tablolong Kupang ini terletak di Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.  Pantai ini juga termasuk tempat wisata di kupang yang banyak menarik pengunjung lokal maupun dari luar pulau. Keindahan yang di beri oleh Pantai Tablolong adalah pasir putih nya yang begitu khas dan perpaduan warna air lautnya yang berwarna biru kehijauan, sehingga dapat memanjakan mata kita. Di pantai Tablolong kamu bisa berenang atau bermain bola bersama teman-teman, dan sekedar duduk menikmati keindahan alamnya saja.

Perpaduan hamparan pasir putih dan birunya langit menambah keelokan Pantai Tablolong. Selain berenang ataupun bermain air, pengunjung dapat bersantai ria di lopo (sejenis bale-bale/ gazebo) sambil menikmati hembusan angin pantai. Tak jauh dari lokasi pantai terdapat sebuah rawa yang di budidayakan oleh masyarakat setempat sebagai kolam pembibitan ikan. Tablolong juga dihiasi oleh adanya Pohon Centigi (Pempis Acidula) yang tumbuh liar di sekitaran bebatuan karang, dan merupakan sebuah tanaman dengan golongan langka  yang banyak diburu orang karena keunikannya. 


Pantai Tablolong juga dikenal memiliki pesona terumbu karang yang elok ketika air surut yang tersebar di beberapa lokasi garis pantai. Untuk lebih jauh melihat pemandangan bawah laut, Anda juga dapat melakukan menyelam di bawah air (snorkeling) di airnya yang jernih. Sekadar saran, karena masih minimnya jasa peminjaman alat snorkeling, ada baiknya Anda membawa perlengkapan tersebut atau menyewanya di kota Kupang.
Terletak di baratnya kota Kupang serta berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Kupang ke Tenau, waktu tempuh menuju ke lokasi bisa mencapai 1 sampai 1.5 jam. Belum ada kendaraan umum dari Kupang-Tablolong-Kupang, sehingga bagi pengunjung yang ingin mengunjungi Tablolong bisa memakai jasa ojek atau menyewa kendaraan di Kupang dengan harga sekitar Rp. 100.000 perharinya. Atau jika ingin memakai mobil, bisa menyewanya dengan harga sekitar Rp. 300.000 untuk rute dalam kota perharinya. 

Bagi para pengunjung yang ingin bermalam di sekitar pantai Tablolong, di bagian barat pantai ada sebuah penginapan sejenis vila. Untuk harganya cukup mahal sehingga tidak heran jika hanya sedikit saja wisatawan lokal yang menginap disana dan selebihnya lagi hanyalah turis mancanegara saja.
Indonesia termasuk negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada dengan total panjang 99.093 kilometer, bahkan berpotensi lebih panjang lagi jika diukur lebih detail. Semoga kita dapat menjaga apa yang sudah ada, selalu berhati-hati dalam perjalanan dan jangan kita abaikan dengan namanya sampah. hal yang berharga buat kita adalah menjadikan yang ada menjadi suatu potensi yang berharga.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment