Menyapa Alam Dari Puncak Gunung Lembu Purwakarta

Puncak Gunung Lembu Purwakarta memiliki ketinggian 792 Mdpl, cukup pendek memang, namun gunung ini menawarkan pemandangan yang tak kalah indah dari gunung gunung tinggi lainnya. Salah satu pemandangan yang populer di Gunung Lembu adalah view Waduk Jatiluhur. Selain pemandangan waduk Jatiluhur, di puncak Gunung Lembu kita juga bisa melihat sunrise dan sunset, tak hanya itu saja, saat malam hari tiba kita juga bisa melihat citylight atau lampu lampu kota Purwakarta yang terlihat seperti bintang di bumi, ditambah lagi jika kamu bersama pasangan pasti akan terasa makin romantis. 

Waduk Jatiluhur sendiri sebenarnya dikelilingi oleh beberapa gunung , seperti gunung Bongkok, Gunung Parang, dan Gunung Lembu itu sendiri, diantara ketiga gunung tersebut, Gunung Lembu lah yang paling mudah untuk di daki sekalipun bagi anda yang sebelumnya tidak pernah naik gunung. 


Puncak Gunung Lembu terdapat sebuah batu besar yang dijuluki dengan batu lembu. Banyak orang yang bilang bahwa bentuk batu Lembu mirip seperti punuk Lembu. Lembu adalah hewan sejenis Sapi atau bisa juga disamakan dengan Banteng Hutan. Dengan Jalur pendakian yang berbahaya namun menantang rata-rata bisa dilalui dalam waktu dua hingga 3 jam pendakian. Tak perlu khawatir dengan toilet, mushola dan warung makan, karena di beberapa pos pendakian sudah terdapat fasilitas tersebut dengan nyaman.

Lokasi Gunung Lembu Purwakarta berada di Kampung Panunggal Desa Panyindang Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Persis berada di atas Waduk Jatiluhur Purwakarta. Tak heran jika banyak pendaki yang penasaran melihat keindahan Waduk Jatilihur dari Puncak Gunung Lembu.



Anda tidak perlu khawatir tentang tranportasi ke Gunung Lembu. Ada 2 cara yang dapat kalian lakukan jika berangkat dari Jakarta. Pilihlah perjalanan yang menurut kalian nyaman untuk mencapai Gunung Lembu.
Pertama Jika anda memilih kereta api sebagai tranportasi ke Gunung Lembu, kalian bisa membeli tiket kereta api dari keberangkatan Stasiun Pasar Senen. Tiket kereta Jakarta Pasar Senen – Purwakarta hanya Rp 67.000 yang bisa kalian beli lewat situs PT KAIDari Stasiun Purwakarta kalian bisa menyewa mobil bak terbuka dengan kisaran harga Rp 250.000 – Rp 350.000 untuk perjalanan antar dan jemput. Ezytravelers bisa turun di depan kantor desa Panyindangan / pos tani Gunung Lembu.
Nah jika pilihan Kedua dengan memakai bus, anda bisa mengawali perjalanan kalian dari terminal Kp. Rambutan Jakarta Timur. Harganya jauh lebih murah ketimbang kalian harus menggunakan kereta api. Cukup dengan Rp 25.000 – Rp 50.000 kalian sudah sampai di terminal bus Ciganea Purwakarta. Dari terminal Ciganea, kalian bisa menyewa angkot yang harganya berkisar Rp 150.000 – Rp 250.000 untuk sampai di depan kantor desa Panyindangan / pos tani Gunung Lembu. Begitu sampai di terminal Kp. Rambutan, kalian bisa memilih bus yang menuju purwakarta.

Berolahragalah sebelum mendaki gunung, walaupun terbilang pendek tapi jalurnya banyak tanjakan dan cukup menguras tenaga. Waktu terbaik untuk mendaki di Gunung Lembu adalah saat musim kemarau dan di hari biasa senin-kamis sebab, biasanya di akhir pekan banyak wisatawan yang mendaki di gunung ini. Selalu bawa lotion anti nyamuk, karena ternyata di Gunung Lembu juga banyak nyamuk. Jangan lupa membawa perbekalan air karena tidak ada mata air disepanjang jalur. Dan selalu gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.

Pastikan anda mendaki dengan peralatan yang lengkap dan aman agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Semoga bermanfaat dan tetap selalu berhati-hati dalam perjalanan dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar
Previous
Next Post »
Thanks for your comment